Jaman sekarang semua serba online, sampai dengan mengirim surat lamaran kerja pun dirasa sudah hal biasa mengirimnya via email. untuk membuat sebuah surat lamaran kerja via email perlu diperhatikan beberapa hal, diantaranya gunakan email kamu yang benar-benar sering di gunakan, agar kedepanya kamu tidak ketinggalan berita jika pihak kantor membalas emailnya. selalu online dan cek setiap hari adakah email balasan dari pihak kantor.
Penerimaan calon karyawan baru di sejumlah perusahaan. Saat ini banyak diantaranya perusahaan yang menggunakan sistem elektronik dalam proses penerimaan pegawainya. Dengan begitu, si pelamar tidak perlu repot-repot lagi untuk datang ke kantor pos, membeli perangko, dan menyiapkan beberapa berkas lamaran lainnya hanya untuk mengirimkan surat lamaran kerja tersebut.
Biasanya si pelamar kerja hanya diminta untuk mengirimkan surat lamarannya dengan cara melalui email. Hal tersebut tentunya akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik pihak perusahaan maupun si pelamar kerja.
Walaupun si pelamar kerja bisa dengan mudah mengirimkan surat lamaran pekerjaannya melalui email,akan tetapi mereka harus tetap bisa memperhatikan cara penulisan surat lamaran yang akan dikirimkan melalui email. Bagaimana caranya? Berikut cara mengirim surat lamaran kerja lewat email:
1. Judul email harus tepat
Ketika Anda akan mengirimkan berkas lamaran kerja via email, maka Anda harus menulis judul surat lamaran kerja dengan jelas dan singkat. Tujuan dari hal ini adalah agar si penerima bisa dengan cepat mengetahui maksud email Anda. Misalnya, “Melamar Kerja untuk Reporter”. Akan tetapi, ada juga perusahaan yang sudah menentukan judul email yang akan dipakai. Misalnya, “Reporter” atau sekadar “REP”. Jika menemukan persayaratan seperti itu, maka Anda harus mengikuti ketentuan tersebut.
2. Jangan menulis di badan email
Alangkah lebih baik jika surat lamaran kerja atau resume yang akan Anda kirimkan untuk melamar suatu pekerjaan dapat ditulis di file tersendiri. Jangan menulis resume di badan email karena bisa menjadikan surat lamaran Anda tidak enak untuk dibaca.
3. Lampiran yang dikirim tepat
Pada umumnya banyak diantaranya pihak perusahaan yang menuliskan pada iklan lowongannya kerjanya mengenai jenis file yang boleh dikirim. perusahaan biasanya mensyaratkan jenis file .doc, pdf, atau .txt. Jika perusahaan tak menyebutkan syarat jenis file, maka Anda bisa menggunakan file .doc. Namun, usahakan ukurannya tidak lebih dari 300 KB, termasuk foto. Oleh karena itu, Anda harus memastikan kalau Anda telah memeriksa terlebih dahulu dengan teliti sebelum Anda mengirimkan berkas lamaran kerja tersebut.
Itulah cara mengirim surat lamaran kerja lewat email. Pastikan resume yang Anda buat sudah benar dan bisa menarik perhatian perekrut. Selain itu, pastikan juga semua lampiran terkirim dengan baik. Jadi, Anda harus teliti sebelum mengirimkannya kepada perusahaan.
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Via Email Klik Di cini
Cara Mengirim Lamaran Kerjaan Lewaat Email
1. Persiapkan berkas yang akan dibuat file elektronik (di scan) diantaranya :
- Surat Lamaran Kerja
- Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
- Ijazah/sertifikat yang dilegalisir
- Kartu Indentitas (KTP)
- Pasfoto
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
- Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
- Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans
Terkadang tidak semua berkas lamaran pekerjaan diminta oleh perusahaan penerima lowongan pekerjaan, mungkin hanya berkas utama saja yang harus dikirim via email seperti surat lamaran, ijazah dan CV. Untuk hal seperti ini Anda hanya perlu mengirim persyaratan sesuai yang diminta, semakin sedikit berkas yang diupload/unggah maka prosesnya juga semakin cepat karena tidak membutuhkan file yang berukuran besar. Namun bila perusahaan penerima lowongan pekerjaan tidak mensyaratkan ini Anda bisa mengupload semua berkas lamaran yang Anda miliki.
Untuk lebih simple Anda bisa menyusun semua berkas lamaran dalam 1 file PDF, caranya dengan memasukkan file-file tersebut dalam microsoft office word (minimal versi 2007) dan menyimpannya (safe as) sebagai file PDF, atau bisa memasukkan file berkas lamaran dalam satu folder lalu mengkompresnya menjadi format zip atau rar. Hal tersebut dapat meringkas file berukuran besar menjadi lebih kecil sehingga mudah untuk diupload.
4. Tujuan pengiriman dan judul email/Subject
Setelah semua hal diatas diperiksa dengan baik dan benar maka sebelum dikirim kepada email tujuan alangkah baiknya dilakukan test pengiriman email. Gunakan alamat email Anda yang lain untuk tujuan pengiriman, setelah terikirim Anda bisa membaca dan memeriksa kembali karena seperti itulah email yang akan dibaca oleh perusahaan yang dituju. Apabila dirasa masih ada yang kurang bisa dilakukan perbaikan, dan setelah yakin semuanya benar baru kirim ke alamat email perusahaan penerima lowongan pekerjaan. Tunggu beberapa saat sampai ada pemberitahuan bahwa email Anda telah terkirim.
0 comments
Post a Comment